7 Langkah Mudah untuk Move on dari Patah Hati

Langkah Mudah untuk Move on dari Patah Hati

Semua orang pasti pernah, setidaknya sekali, merasakan patah hati semasa hidupnya. Anda yang pernah atau sedang merasakannya tentu memahami betapa melelahkannya fase bangkit dari kesedihan dan berusaha untuk melanjutkan kehidupan kembali setelah gagal dalam percintaan.

Tidak mudah melupakan segala kenangan lama dan mengubur perasaan Anda terhadap mantan kekasih begitu saja. Namun, Anda juga berhak untuk bahagia dan melanjutkan kehidupan. Sudah siap untuk memulai bab baru setelah patah hati? Yuk, simak 7 langkah jitu yang dapat Anda lakukan untuk cepat move on!

Izinkan diri untuk bersedih

Kecewa, marah, dan sedih adalah emosi yang normal dirasakan oleh semua manusia saat patah hati. Agar dapat cepat bangkit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menerima dan melepaskan emosi yang bergejolak dalam hati.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk melepaskan emosi negatif. Silakan menangis, berteriak di tempat lapang, menuliskan keresahan Anda dalam jurnal pribadi, melukiskan suasana hati Anda di atas kanvas, melakukan olah raga seperti berlari atau boxing, bercerita dengan orang yang Anda percayai, atau metode lainnya yang nyaman untuk Anda lakukan tanpa merugikan diri sendiri atau orang lain.

Ingat, jangan hindari emosi yang Anda rasakan. Hadapi dan lepaskan, sehingga tidak ada perasaan mengganjal tertinggal yang akan menghambat proses pemulihan Anda dari patah hati.

Belajarlah dari kegagalan

Dalam keadaan yang sudah jauh lebih tenang, tanamkan pola pikir bahwa tidak ada yang sia-sia. Bahkan meski pada akhirnya hubungan yang Anda bangun tidak berhasil, selalu ada pelajaran yang dapat Anda ambil.

Lakukan evaluasi terhadap apa yang menyebabkan kandasnya hubungan Anda dengan mantan. Apa saja hal baik yang akan Anda bawa dan hal buruk yang akan Anda hindari pada hubungan selanjutnya. Dengan begini, Anda dapat lebih menerima keadaan dan memahami kebutuhan diri anda kedepannya.

Buat ruang untuk masa kini dan masa depan

Setelah Anda sudah melepaskan emosi negatif dan menerima keadaan, sekarang waktunya untuk menyingkirkan barang-barang yang dapat mengingatkan Anda kembali pada kenangan masa lalu bersama mantan.

Silakan kembalikan, donasikan, jual, atau lakukan apapun sebisa Anda agar tidak perlu melihat barang-barang tersebut lagi selamanya. Hapus juga foto-foto mantan dari galeri ponsel atau media sosial Anda. Apabila hubungan terakhir berakhir buruk, silakan unfollow atau mute akun-akun media sosial mantan untuk sementara waktu sampai Anda merasa tidak terganggu lagi melihat update kehidupannya.
Buatlah jarak dan mulailah biasakan diri untuk menjalani hari-hari tanpa kehadirannya.

Lihat dunia dari kaca mata berbeda

Jika selama ini Anda hanya fokus pada pasangan, mulailah fokus pada apa yang ada di sekeliling Anda. Perluas cara pandang Anda tentang kehidupan dengan banyak menonton tayangan inspiratif, bertukar pikiran dengan orang-orang di sekeliling Anda, atau menjelajahi tempat baru sendirian.

Segarkan pikiran dan buka mata Anda bahwa hidup ini tidak melulu tentang Anda dan pasangan. Ada banyak sekali hal di dunia ini yang dapat Anda pelajari dan lakukan untuk membuat hidup Anda lebih bermakna.

Kelilingi diri dengan lingkungan yang suportif

Setelah berhasil berdamai dengan diri sendiri, tempatkan diri pada lingkungan yang memahami dan suportif.
Jangan remehkan peran keluarga dan teman-teman dekat yang selalu ada untuk Anda dalam senang atau susah. Ingat untuk tetap hargai diri Anda sendiri dengan tidak menjelek-jelekkan mantan dan jadilah dewasa dengan menjaga privasi hubungan tetap antara Anda dan mantan saja, meski hubungan kalian telah berakhir.

Orang-orang yang mengerti Anda akan menghormati privasi Anda dan fokus untuk membuat Anda merasa lebih baik. Ini akan sangat berarti dalam proses pemulihan diri dari patah hati karena Anda merasa tidak sendirian.

Jangan terburu-buru

Sebagaimana perasaan cinta tumbuh dan bersemi, pemulihan patah hati juga membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar.
Jangan berusaha menempuh jalan pintas dengan mencari orang lain, mengonsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang dan cara-cara lainnya yang merugikan diri sendiri maupun orang lain sebagai pelarian dari kekecewaan dan kesedihan yang Anda rasa. Meski terlihat mudah, percayalah efek dari cara-cara ini tidak akan bertahan lama, justru berpotensi memunculkan masalah baru di kemudian hari.
Nikmati proses menemukan dan mengenali diri Anda sekali lagi.

Temukan hobi atau kesibukan baru

Meski sudah menerima keadaan, tentu saja perpisahan meninggalkan ruang kosong yang hampa dalam hati dan pikiran. Dari pada sibuk mengumbar kegalauan dan betapa kesepiannya Anda di media sosial, ambil waktu untuk mengisi kekosongan tersebut dengan hal baru yang membuat Anda senang dan bersemangat.

Mulailah bisnis yang sudah lama Anda tunda, dekorasi ulang kamar atau ruang kerja Anda, bergabung dalam kegiatan seni atau olah raga yang Anda idamkan, belajarlah memasak, memainkan alat musik, atau menjadi content creator.

Anda bebas mencoba hal baru yang sebelumnya tidak pernah bisa atau belum sempat Anda lakukan. Tentu saja segala kegiatan baru ini tidak akan optimal dilakukan jika Anda dalam keadaan lemah. Percepat pemulihan Anda dengan rutin meminum suplemen Sutra Perkasa. Kandungan herbal ekstrak tongkat ali, ginseng, dan epimedium di dalamnya akan membantu meningkatkan stamina dengan cepat dan mempersiapkan tubuh Anda dalam kondisi prima untuk menjalani aktivitas baru pasca patah hati.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter