Tips Hindari Boros untuk Pria yang Hobi Bersepeda

Anda yang hobi bersepeda, saat ini seolah mendapat dukungan dengan kembali berjayanya sepeda selama masa pandemi. Ragam jenis sepeda bermunculan, begitu juga dengan segala aksesori dan perlengkapan bersepeda yang kini mudah ditemui di pasaran. Tapi hati-hati, hindari boros saat membeli perlengkapan bersepeda.

Jika Anda hobi bersepeda dan selalu punya keinginan untuk meng-upgrade tampilan sepeda menjadi lebih baik, maka menghindari risiko boros saat membeli perlengkapan sepeda. Berikut tipsnya. 

1. Cari tahu barang apa saja yang paling penting untuk dibeli

Jika Anda baru pergi ke toko sepeda untuk pertama kali, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan aksesori sepeda yang membingungkan. Tanpa persiapan atau minimnya informasi, Anda berisiko keluar toko dengan membeli barang yang tidak diperlukan, atau bahkan justru melewatkan barang atau perlengkapan penting.

Untuk itu, pastikan Anda sudah membuat daftar barang-barang apa saja yang perlu Anda beli – dan penting – untuk mendukung hobi bersepeda Anda. Susun mulai dari yang paling penting hingga yang fungsinya hanyalah aksesori pendukung dan tidak begitu esensial.

Beberapa perlengkapan penting yang mungkin harus Anda beli, misalnya helm, celana ber-padding, gembok sepeda, cover sepeda, pompa ban, lampu dan reflektor, serta perkakas untuk menangani perbaikan sepeda yang umum.  

2. Pakai perlengkapan yang sudah ada

Anda tak perlu membeli botol minum baru yang bisa pas diletakkan di frame sepeda. Anda bisa menggunakan botol minum yang sudah ada dan membawanya di dalam tas, bukan? 

Selain itu, perlengkapan lain seperti jersey, topi khusus pesepeda, ataupun sarung tangan, bisa Anda siasati dengan menggunakan jersey olahraga ataupun topi yang sudah Anda miliki sebelumnya. 

3. Rawat sepeda

Gangguan kecil pada sepeda mungkin akan membuat gowesan Anda mengarah, lagi-lagi, ke bengkel sepeda. Akibatnya Anda harus merogoh kocek lagi untuk reparasi hingga “gatal” membeli aksesoris baru. Padahal, akar masalah dari gangguan kecil tersebut sebenarnya ketidakpahaman Anda dalam merawat sepeda tercinta. Pelajari lebih dalam tentang teknik perawatan sepeda sehingga Anda dapat menjaga kondisi tunggangan sekaligus kantong Anda

4. Hindari upgrade sepeda terlalu sering

Selain pengeluaran untuk pembelian perlengkapan atau aksesori sepeda, salah satu yang kerap bikin boros adalah upgrade sepeda. Bagi Anda penggemar sepeda, upgrade atau mengganti sparepart menjadi yang lebih baik kualitasnya merupakan suatu hal yang lumrah dilakukan. 

Besaran biaya yang dihabiskan pun relatif, bisa mulai ratusan ribu hingga puluhan juta. Itu sebabnya, jangan hanya terbawa nafsu saat upgrade sepeda. Ketahui dulu apa tujuan Anda melakukan upgrade, apakah dalam hal performance alias meningkatkan kemampuan sepeda, kenyamanan, atau sekadar penampilan atau eksistensi semata. 

Nah, tujuan yang terakhir inilah yang berpotensi melakukan pemborosan. Kadang, demi eksistensi, Anda mungkin terjebak dalam pembelian aksesori tak penting atau yang tidak cocok dengan tipe sepeda. Jadi, pastikan Anda mengenali kebutuhan dan jenis sepeda Anda dengan baik, sebelum upgrade agar terhindar dari kesalahan yang berujung pada pemborosan.

Mengingat aktivitas bersepeda ini membutuhkan stamina yang kuat untuk menggowes, pastikan Anda melengkapi rutinitas sehat dengan konsumsi Sutra Perkasa, suplemen herbal yang dapat membantu memelihara stamina pria. Suplemen ini mengandung ekstrak herbal terbaik dari Tongkat Ali, Ginseng, dan Epimedium. Diminum 1 – 2 jam setelah makan dengan komposisi dua kapsul sekali minum, Sutra Perkasa pastikan Anda selalu prima menggowes sepeda kapan pun.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter