Cara Terbebas dari Utang di Masa Pandemi

Harus diakui, pandemi berdampak serius pada banyak sektor usaha, dan menyebabkan sebagian besar orang mengalami kehilangan pekerjaan, bahkan pengurangan pendapatan. Dan di saat seperti ini, memiliki utang akan menjadi beban keuangan bagi Anda. Lalu, adakah cara terbebas dari utang di masa pandemi?
Utang, baik yang harus dilunasi dengan cara dicicil ataupun dibayar lunas sekaligus, membuat Anda tak bisa menikmati gaji atau pendapatan secara penuh. Hal ini tentu akan menyusahkan Anda, terlebih jika pendapatan terus terpangkas gegara pandemi.
Jika Anda tidak memiliki utang, selain tak akan terhimpit masalah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Anda juga bisa punya uang lebih untuk ditabung, investasi, atau memenuhi kebutuhan yang lebih mendesak lainnya.
Nah, ingin segera bebas utang di masa pandemi? Simak tipsnya berikut ini.

  1. Hidup Hemat
    Jika sebelum pandemi Anda mungkin terbiasa jajan atau makan di restoran hampir setiap hari, kini cobalah untuk kurangi, atau kalau bisa, hentikan semua kebiasaan tersebut. Beli kopi, pesan antar makanan, beli camilan, semua itu adalah bentuk pemborosan.
    Mulailah hidup hemat di masa pandemi ini. Makanlah masakan rumahan, bawa bekal makan siang ke kantor, dan buatlah kopi sendiri. Hindari berfoya-foya, karena konon ekonomi sedang susah karena resesi. Uang hasil penghematan tersebut bisa Anda gunakan untuk melunasi utang.
  2. Cari Kerja Sampingan
    Jika gaji atau pendapatan Anda saat ini tak cukup untuk melunasi utang dalam waktu cepat, cobalah untuk mencari peluang untuk mendapat penghasilan tambahan lewat pekerjaan sampingan. Anda bisa menjual keterampilan dan keahlian Anda, seperti menjadi penulis lepas, freelance fotografer, driver taksi atau ojek online, atau berjualan.
    Lakukan pekerjaan tersebut setelah Anda selesai dengan pekerjaan utama Anda. Dan hasilnya, bisa Anda gunakan untuk melunasi utang.
  3. Gadai Barang
    Hindari melunasi utang dengan mencari utangan baru. Tapi, kalau Anda memiliki barang berharga, seperti emas, perhiasan emas, sertifikat tanah, atau lainnya, Anda bisa menggadaikannya untuk mendapatkan dana yang bisa dipakai untuk melunasi utang.
    Begitu mengantongi dana segar, segera gunakan untuk melunasi utang Anda. Jika masih ada sisa, jangan dihabiskan begitu saja, tapi gunakan untuk modal usaha. Anda bisa menggunakan sisa uang hasil gadai untuk modal usaha yang bisa segera memberi keuntungan, misal menjual pakaian atau bisnis makanan. Keuntungan yang diperoleh dari usaha tersebut, bisa Anda pakai untuk menebus barang yang digadai.
  4. Jual Barang yang Tak Terpakai
    Coba tengok ke sekeliling rumah Anda, apakah ada beberapa barang yang sudah tak terpakai namun cukup bernilai untuk dijual? Misalnya furnitur, sepeda, atau bahkan fesyen branded. Kalau memang sudah tak digunakan lagi, ada baiknya Anda jual saja barang-barang tersebut.
    Anda bisa menjual barang-barang tersebut di situs jual beli barang bekas ataupun di media sosial pribadi. Buatlah foto yang bagus dari barang-barang yang akan Anda jual, berideskripsi yang jelas, dan tetapkan harga yang sesuai. Hasil penjualan, segera alokasikan untuk melunasi utang.
  5. Stop Pakai Kartu Kredit
    Banyak orang berpikir untuk menyiasati keterbatasan uang tunai dengan menggunakan kartu kredit, baik untuk belanja ataupun melakukan pembayaran lainnya. Padahal, itu sama saja dengan tindakan membuat utang baru, dan sama sekali tidak menyelesaikan masalah yang Anda alami.
    Yang terbaik adalah stop pakai kartu kredit sama sekali. Jangan menganggap kartu kredit sebagai pengganti uang tunai Anda, terlebih di masa seperti ini. Jika Anda tak sanggup membayarnya lunas setiap tagihan yang datang, itu sama saja dengan menggali lubang utang baru yang harus Anda selesaikan.
    Dan yang tak kalah penting, pastikan Anda tetap sehat agar tak menambah beban pengeluaran di kala pandemi ini. Konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, serta cukup istirahat adalah kunci menjaga stamina tubuh tetap kuat. Dan jangan lupa konsumsi Sutra Perkasa untuk melengkapi rutinitas sehat Anda. Ekstrak tongkat ali, ginseng dan epimedium merupakan kombinasi jitu dalam memerangi tubuh lemas tak bertenaga. Stamina Anda akan terjaga prima dan siap menjawab tantangan apapun demi bebas dari utang. Konsumsi 1-2 jam setelah makan, sebanyak dua kapsul sekali minum. Rasakan stamina ekstra kuat ala Sutra Perkasa.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter