Persiapan Pria untuk Jaga Kesehatan Mental di New Normal

Saat ini, Indonesia sudah memasuki masa new normal. Selama masa new normal dilakukan, terdapat berbagai protokol kesehatan dari pemerintah yang harus dipatuhi. Meskipun begitu, tidak mudah nyatanya untuk menjalani masa new normal. Ada saja hal-hal yang membuat masa ini menjadi terasa berat, salah satu diantaranya adalah karena pandemi yang belum usai.

Masa new normal dapat menjadi beban untuk beberapa orang dan mengakibatkan stres. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Kesehatan mental saat ini menjadi salah satu poin penting agar kamu dapat menjalani new normal dengan baik. Simak caranya di bawah ini.

1. Berolahraga
Tentu kamu ingat akan perumpamaan dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Berolahraga akan mebantu untuk membuat tubuh kamu menjadi sehat dan bugar. Selain itu, berolahraga akan membantu untuk membuat pikiran kamu lebih segar. Lalu olahraga apa yang bisa kamu lakukan? Di dalam rumah kamu bisa melakukan olahraga walk at home yang saat ini cukup populer karena Youtube. Jika kamu ingin bersepeda, coba untuk menjaga jarak dengan yang lainnya dan gunakan masker yang memudahkan kamu untuk bernapas dengan baik. Pastikan selalu untuk melakukan peregangan badan sebelum mulai berolahraga agar tidak terkilir dan melakukan pendinginan setelah berolahraga.

2. Istirahat yang cukup
Selama pandemi berlangsung, penting untuk menjaga stamina tubuh dengan baik. Salah satunya ialah dengan cara beristirahat. Bagaimana caranya? Kurangi penggunaan smartphone ataupun mengurusi pekerjaan sebelum tidur. Kedua hal ini akan membuat kamu justru semakin sulit untuk tidur malam. Kurang istirahat akan membuat kamu lebih sensitif dan mudah marah. Selain itu, kamu juga akan merasa lebih cepat lelah sehingga tidak dapat beraktivitas dengan maksimal. Penting untuk tidur malam sebanyak 7 hingga 8 jam dalam satu hari. Ketika bangun tidur, tubuh akan terasa lebih segar karena tidak kekurangan istirahat maupun kelebihan istirahat.

3. Makan-makanan yang menyehatkan
Makanan yang kamu konsumsi nyatanya memiliki pengaruh terhadap tubuh kamu loh. Terlalu banyak mengonsumsi junk food tidak baik untuk tubuh karena kurangnya serat dan dapat menyebabkan obesitas. Buah-buahan dan sayur-sayuran selain memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit. Ketika kamu sakit, pikiran menjadi tidak fokus dan kesehatan mental kamu akan menjadi terganggu. Untuk menghindari itu semua, mulailah makan-makanan seperti sayur, buah dan juga ikan. Tubuh yang sehat akan membantu dalam memudahkan untuk berpikir yang memiliki peranan penting untuk kesehatan mental kamu.

4. Mengurangi intensitas mencari tahu berita terkini
Mengetahui berita terkini memang penting. Namun, terlalu sering mengetahuinya justru akan membuat kamu menjadi semakin stres. Rasa tertekan karena tidak melihat banyak perubahan atau banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan di masa new normal akan mempengaruhi pikiran kamu. Untuk mengantisipasi stres akan banyaknya pemberitaan di masa new normal, coba saja untuk mengurangi menonton berita. Kamu bisa mencoba untuk membatasi waktu menonton atau membaca berita terkini. Jika biasanya memakan waktu hingga satu jam perhari, jadikan menjadi hanya 30 menit dalam satu hari.

5. Memiliki persiapan finansial
Tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Lalu, new normal bukan berarti bahwa segalanya telah berjalan seperti sedia kala. Meskipun di masa sekarang ini ada yang bekerja dari rumah, pengeluaran akan tetap ada setiap waktunya. Ada baiknya jika kamu memiliki tabungan yang cukup karena tidak memiliki simpanan uang akan membuat kamu menjadi stres juga. Aturlah keuangan kamu sedemikian rupa agar tidak terlalu banyak pengeluaran yang terjadi selama masa new normal ini. Misalnya saja lebih banyak memasak di rumah dibandingkan membeli makanan jadi di luar.

6. Meminta bantuan profesional jika dibutuhkan
Ketika ada hal-hal yang tidak dapat diungkapkan kepada orang terdekat, kamu bisa meminta bantuan dari profesional. Jangan merasa ragu atau malu ketika mendatangi bantuan profesional untuk memecahkan masalahmu. Profesional dibidang kesehatan mental telah terlatih dan memiliki pengalaman yang dapat membantu kamu disaat orang lain tidak bisa melakukannya. Mungkin saja selama new normal, para psikiater akan membatasi pertemuan tatap muka secara langsung. Melalui kemajuan teknologi saat ini, beberapa profesional kesehatan mental memungkinkan pertemuan melalui video call.

Selain hal-hal yang sudah disebutkan, menjaga kesehatan baik tubuh maupun mental dapat ditunjang dengan mengonsumsi suplemen. Sutra Perkasa merupakan suplemen yang mengandung ekstrak herbal terbaik seperti tongkat ali, ginseng dan epimedium. Untuk melengkapi Sutra Perkasa, terdapat Sutra OK yang memiliki pelumas khusus dan menjadi varian yang digemari oleh pria.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter