Lari Pagi Tanpa Sepatu Lebih Sehat? Ini Faktanya

Lari pagi tanpa sepatu? Awalnya, Anda mungkin akan merasa was-was, takut kaki menginjak kerikil, paku, atau benda tajam lain. Tapi, jika Anda sudah terbiasa melakukannya, beberapa manfaat kesehatan akan Anda dapat.
Sebenarnya, lari pagi tanpa sepatu atau memakai sepatu, keduanya memiliki efek meningkatkan kebugaran jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan tulang, membentuk otot terutama pada hamstring, betis, dan area sekitarnya, serta menyegarkan pikiran.
Tetapi ada perbedaan efek yang berdampak pada manfaat tambahan yang didapat. Dan inilah fakta seputar lari pagi tanpa sepatu bagi kesehatan Anda:

  1. Posisi kaki ketika mendarat di permukaan jalan
    Ketika Anda lari pagi memakai sepatu, terutama sepatu lari, Anda cenderung mendaratkan kaki bagian tumit pertama kali. Sedangkan tanpa sepatu, telapak kaki bagian depan atau tengahlah yang akan mendarat lebih dulu.
    Menurut para pakar olahraga, mendarat dengan tumit saat lari akan memperbesar risiko cedera akibat beban yang didapat kaki menjadi lebih besar. Sedangkan, mendarat dengan telapak kaki bagian depan atau tengah lebih minim risiko mengalami cedera.
  2. Kecepatan berlari
    Lari pagi tanpa sepatu membuat Anda bisa berlari lebih cepat dibandingkan ketika memakai sepatu. Hal ini karena tak adanya beban tambahan di kaki yang bisa memengaruhi kecepatan berlari. Manfaatnya, dalam waktu yang sama, Anda dapat membakar kalori lebih banyak saat lari pagi tanpa sepatu dibandingkan ketika memakai sepatu.
  3. Stimulasi titik saraf di telapak kaki
    Berjalan nyeker, alias tanpa sepatu, sudah lama diyakini sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Ibarat refleksi, lari pagi tanpa alas kaki akan menstimulasi titik-titik saraf yang ada di telapak kaki yang terhubung dengan organ-organ di seluruh tubuh. Secara langsung, hal ini juga bermanfaat dalam melancarkan aliran darah ke seluruh organ tubuh. Tak heran jika banyak orang meyakini bahwa berjalan atau berlari tanpa alas kaki dapat membantu mengatasi sakit kepala, atau gangguan kesehatan lain yang kerap dialami.
  4. Merangsang kekuatan otot kaki
    Tanpa alas kaki, seseorang dapat berlari lebih cepat dibandingkan ketika memakai alas kaki. Bukan hanya karena tak adanya beban tambahan pada kaki, tetapi kaki yang telanjang akan menghasilkan efek pegas yang lebih baik. Hal ini tentu berdampak pada peningkatan kekuatan otot-otot kecil di telapak kaki, pergelangan kaki, hingga ke pinggul.
    Tertarik lari pagi tanpa alas kaki? Awalnya memang tak nyaman. Anda mungkin akan merasa telapak kaki kesakitan, kepanasan, bahkan lecet akibat tergores permukaan jalan yang tak rata. Tapi, seiring dengan latihan dan adaptasi, Anda akan merasakan manfaat luar biasa.
    Anda juga bisa mendapat manfaat hebat dari Sutra Perkasa, suplemen herbal tanpa bahan kimiawi yang dapat membantu memelihara stamina pria dewasa, berkat kandungan ekstrak herbal terbaik dari Tongkat Ali, Ginseng, dan Epimedium. Dengan Sutra Perkasa, gairah dan performa seksual Anda akan meningkat serta kualitas ereksi yang bagus. Kualitas dan jumlah sperma pun akan lebih baik jika Anda mengonsumsi andalan pria hebat ini.
    Kombinasi lari pagi tanpa alas kaki dan khasiat Sutra Perkasa, akan memberi efek badan menjadi segar dan fit karena aliran darah menjadi lebih lancar. Bayangkan jika keduanya dilakukan bersamaan, segar dan bugar luar dalam pasti akan Anda rasakan.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter