5 Strategi agar Produktif Selama #WorkFromHome

Lakukan tip berikut ini agar tetap produktif di masa #WorkFromHome

Selama masa pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung menyebabkan berbagai kegiatan perkantoran pindah ke rumah untuk sementara. Alasan utama anjuran work from home atau bekerja dari rumah yaitu menjaga jarak (physical distancing) satu sama lain demi memutus penyebaran virus. Melalui usaha menjaga jarak diharapkan dapat menurunkan angka kasus pandemi yang ada saat ini. 

Namun, untuk dapat mewujudkan bekerja produktif selama #WorkFromHome dengan baik tidaklah mudah. Ada saja gangguan yang mungkin terjadi pada diri kamu. Berikut ini ada 5 tip yang dapat kamu gunakan agar tetap produktif selama #WorkFromHome.

  1. Istirahat cukup

Sebelum memulai aktivitas apa pun sebaiknya tubuh kamu telah cukup beristirahat. Mau bekerja di kantor atau di rumah kamu harus dalam kondisi fit. Kamu akan sulit berkonsentrasi dan bekerja jika tubuh kelelahan. 

Cukup istirahat setidaknya 6-8 jam sehari akan me-recharge energi setelah tubuh melakukan aktivitas yang panjang. Namun, istirahat juga tidak boleh berlebihan karena justru membuat tubuh lemas sehingga kamu jadi tidak bergairah untuk bekerja. 

Ketika tubuh kamu mengirimkan sinyal-sinyal yang menunjukkan kelelahan, seperti mengantuk, pusing, hingga emosional, jangan diabaikan! Segera lupa beristirahat, ya.

  1. Buat jadwal

Penting bagi kamu untuk menyusun jadwal sesuai prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan selama #WorkFromHome. Meski bekerja dari rumah terkesan lebih santai dan fleksibel, nih, bukan berarti kamu bisa bangun siang. Bisa-bisa kamu melewatkan meeting pagi yang penting!

Saatnya menyesuaikan kembali jadwal bangun pagi serta persiapan sebelum memulai #WorkFromHome saat weekday. Keteraturan akan menciptakan kebiasaan dan disiplin yang mengarah kepada produktivitas.

Jangan lupa sarapan sebelum memulai hari untuk menambah tenaga saat bekerja dari pukul 9 pagi hingga 5 sore. Ya, ikuti jam kerja normal dan sisipkan juga waktu istirahat ksekitar 30 menit hingga 1 jam pada pukul 12 siang. 

Apabila kamu tidak disiplin, nih, maka waktu yang tersedia untuk bekerja akan habis digunakan untuk rebahan selama di rumah. Kalau ini yang terjadi maka sudah pasti sulit mewujudkan kegiatan produktif selama #WorkFromHome.

  1. Bagi tugas

Apabila kamu tinggal di rumah bersama anggota keluarga lain maka tidak ada salahnya saling berbagi tugas di rumah. Alasannya: agar tugas harian di rumah tidak mengganggu #WorkFromHome yang sedang diljalani. 

Kalau pekerjaan kantor kamu selama #WorkFromHome ini terganggu oleh tugas-tugas  di rumah, nih, tentu harus segera diatasi. Pasalnya kamu akan sulit berkonsentrasi kalau sebentar-sebentar dipanggil untuk membereskan pekerjaan rumah. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berbagi tugas rumah seperti bersih-bersih atau belanja kebutuhan keluarga kepada orang rumah. Namun, jika kamu tinggal sendirian, mulailah dari tugas yang mudah untuk dilakukan terlebih dahulu di pagi hari. 

Kamu bisa menyapu dan mengepel lantai, atau pilihlah pekerjaan yang tidak terlalu menguras energi. Hal ini dilakukan agar kamu tidak loyo saat menjalani #WorkFromHome karena terlalu banyak mengerjakan tugas rumah di pagi harinya.

  1. Tentukan tempat bekerja di rumah

Pemilihan workstation di rumah menjadi faktor yang tidak kalah penting ketika #WorkFromHome dilakukan. Untuk mendukung produktivitas, tuh, kamu perlu menemukan spot yang tepat. 

Apabila tempat kerja terlalu banyak cahaya hanya akan membuat kamu silau dan sulit untuk berkonsentrasi. Lain halnya jika tempat kerja yang kamu pilih kurang cahaya, lembap, hingga tidak ada sirkulasi udara. Kurang cahaya akan membuat mata menjadi cepat rusak, sementara kelembapan dan sirkulasi udara yang kurang bikin gerah hingga sulit berkonsentrasi. 

Agar tidak mudah lelah sesuaikan meja dan kursi yang digunakan sesuai tinggi badan kamu. Apabila salah satunya terlalu pendek atau terlalu tinggi, tentu akan membuat badan menjadi pegal serta tidak nyaman. 

Hindari pula tempat-tempat yang bising untuk menjaga konsentrasi kamu selama #WorkFromHome. Kalau kamu mampu menjaga fokus maka pekerjaan akan lebih mudah dan cepat terselesaikan.

  1.  Rutin berolahraga

Posisi duduk yang salah hingga duduk terlalu lama akan membuat bokong dan punggung menjadi pegal. Ini termasuk sinyal dari tubuh yang menunjukkan kelelahan akibat bekerja. 

Nah, selain beristirahat yang cukup, tubuh juga perlu berolahraga untuk membantu menjaga kebugaran. Melakukan olahraga akan membuat badan lebih segar dan sangat membantu untuk melemaskan bagian tubuh yang kaku. 

Olahraga dapat kamu lakukan pada weekend atau di sela-sela weekday jika memungkinkan. Pilih olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah, misalnya push up dan sit up. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu, ya, agar tidak cedera saat berolahraga. 

Selama #WorkFromHome dilakukan, nih, usahakan tetap aktif bergerak atau rutin berolahraga agar tubuh sehat selalu serta imunitas meningkat. Tubuh sehat memudahkan kamu untuk memulai kegiatan baru setiap harinya!

Supaya kamu tetap produktif selama #WorkFromHome, jangan lupa menjaga stamina dengan beristirahat disertai olahraga yang cukup serta menerapkan kelima cara di atas. Nggak kalah penting adalah mengonsumsi suplemen Sutra Perkasa yang membantu tubuh tetap fit. 

Sutra Perkasa hadir dalam bentuk suplemen kapsul herbal yang memiliki kandungan pasak bumi/tongkat, ali, ginseng, dan epimedium. Kamu dapat mengonsumsi Sutra Perkasa sebanyak 2 kapsul dalam 1 hari setelah makan. Kalau tubuh segar dan bebas lelah tentu akan lebih semangat dalam beraktivitas bukan? Produktivitas pun ikut meningkat, deh.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter