5 Cara Pria Mengurangi Stres di Rumah Akibat Pekerjaan

Beban pekerjaan yang menumpuk sering kali menimbulkan stres. Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa menimbulkan berbagai dampak negatif, baik bagi kesehatan tubuh maupun kesehatan mental. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres. Cara-cara tersebut juga sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Jadi, Anda tidak perlu pergi ke mana-mana lagi. Berikut ini lima cara mengurangi stres yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  1. Olahraga

Berolahraga adalah salah satu aktivitas yang penting dilakukan untuk mengurangi stres. Ketika berolahraga, kita tidak saja membakar kalori tapi juga “membakar” stres.

Mengapa berolahraga dapat menurunkan stres? Olahraga menurunkan hormon stres dalam tubuh, seperti hormon kortisol. Di saat yang sama olahraga merangsang tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang membuat mood kita membaik. Lakukan olahraga yang bisa dikerjakan di rumah. Misalnya jalan kaki keliling rumah, push up, sit up, squat, atau yoga.

  1. Meditasi

Meditasi dapat membuat pikiran dan hati kita hening sejenak. Hal ini dapat membuat Anda lebih tenang, bahkan di hari yang paling bergejolak. Meditasi dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. 

Anda cukup mencari sudut yang tenang, pejamkan mata, dan bernapas lah yang dalam selama beberapa menit. Fokuskan pikiran Anda pada satu titik. Perlahan-lahan stres akan melebur dalam setiap tarikan napas Anda. 

  1. Berinteraksi dengan hewan peliharaan

Ada yang bilang hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing adalah terapis berbulu. Sebuah studi menemukan bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan selama 10 menit dapat menurunkan hormon kortisol dalam tubuh. 

Jadi, tidak ada salahnya bermain-main sebentar dengan anjing, kucing, atau peliharaan Anda yang lain. Anda pasti akan merasa lebih gembira setelahnya. 

  1. Kurangi konsumsi kafein dan nikotin

Kafein dan nikotin merupakan stimulan yang dapat meningkatkan level stres Anda. Jadi, ada baiknya untuk mengurangi konsumsi kopi dan rokok. Anda bisa mengganti kopi dengan teh hangat. Meminumnya sambil membaca buku akan membuat Anda merasa rileks. 

  1. Berpelukan

Berpelukan dengan orang yang kita sayang selama 20 detik dapat menurunkan hormon kortisol dalam tubuh dan meningkatkan hormon oksitosin atau yang biasa disebut hormon cinta. Berpelukan juga dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung. Biasanya orang yang mengalami stres memiliki tekanan darah yang tinggi dan detak jantung yang lebih cepat.

Untuk menjaga stamina tetap prima, Anda bisa menambahkan suplemen Sutra Perkasa yang terbuat dari ekstrak herbal terbaik, seperti pasak bumi, ginseng, dan epimedium. Sutra Perkasa juga menggunakan kapsul yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan alami.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter