Pria Sibuk, Anda Bisa Coba 5 Olahraga ini!

Nggak ada alasan kamu nggak bisa sehat!

Bagi pria yang sibuk bekerja mungkin mempunyai waktu untuk berolahraga rutin adalah sebuah kemewahan. Masih untung kalau bisa dilakukan sebulan sekali, deh. Buat pria supersibuk seperti kamu mempertimbangkan 5 olahraga sederhana ini yang dapat dilakukan di mana saja meski dengan waktu terbatas.  

  1. Squat 

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan otot punggung dan pinggangmu kaku dan tegang. Salah satu olahraga mudah yang bisa dilakukan di mana saja adalah squat. 

Caranya: berdiri tegak dengan posisi kaki dibuka selebar bahu. Kepala lurus ke depan, rentangkan tangan, tekuk lutut, dan turunkan tubuh seperti posisi ingin duduk. 

Upayakan posisi tulang belakang tetap lurus, kencangkan otot, dan atur napasmu. Hitung sampai 10 detik sebelum kembali berdiri tegak, ulangi hingga 3 kali. 

Berlatih squat 10-15 menit setiap hari dapat mengencangkan otot perut, kaki, dan bokong serta membentuk postur badan lebih baik. Squat juga berguna untuk menguatkan sendi-sendi pada kaki, pinggul dan lutut. Komplet!   

  1. Plank 

Latihan plank juga sangat cocok bagi mereka yang sibuk karena mudah dilakukan di mana saja, tidak butuh peralatan, dan nggak pakai lama. Olahraga ini mengencangkan otot bahu, lengan, dan perut sekaligus. 

Caranya: tubuh tengkurap pada lantai seperti posisi push up, angkat tubuh hanya menggunakan siku dan ujung jari kaki menempel lantai. Pastikan leher, punggung, dan kaki dalam satu garis lurus. Tahan posisi ini sampai hitungan 20 detik, lalu lemaskan ke posisi semula. Ulangi beberapa kali.

Saat pertama kali dilakukan mungkin kamu akan merasa kesulitan untuk mempertahankan posisi lurus selama beberapa detik saja. Namun, setelah kamu lakukan secara rutin pasti dapat meningkatkan durasinya. Practice makes perfect, kan?

  1. Wall sits

Olahraga ini bisa kamu lakukan di sela-sela jadwal aktivitas kantor yang sibuk. Mulailah dengan bersandar ke dinding, majukan kedua kakimu, dan turunkan perlahan-lahan badan sehingga seolah-olah kamu sedang melakukan posisi duduk. Tahan posisi ini hingga 20 detik, lakukan 20-30 kali. Jika mampu 20 detik, tambah durasi waktunya menjadi 30 detik hingga 1 menit. Olahraga ini mampu mengencangkan otot paha, kaki, dan perut.  

  1. Chair dips

Olahraga ini bisa kamu lakukan hanya dengan memanfaatkan kursi kerja atau kursi apa saja yang kokoh. Caranya: berdiri membelakangi kursi dengan posisi seperti kamu hendak duduk. Pegang ujung kursi dengan kedua tangan. Gerakkan tubuh ke depan, posisi bokong tidak menempel lantai, kaki ditekuk, tumit menempel di lantai. 

Bentuklah sudut 90 derajat saat tubuh turun, dan lengan lurus saat kembali ke posisi semula. Atur napasmu selama melakukan olahraga ini. Idealnya, gerakan chair dips ini dilakukan 15 kali per set. Ulangi hingga 3 set penuh. Chair dips dapat membentuk otot bisep dan trisep yang ada di lengan.     

  1. Stretching

Bagi kamu yang supersibuk dan tak punya banyak waktu untuk olahraga, lakukanlah stretching di tempat kerja. Stretching adalah gerakan ringan untuk melemaskan tulang dan persendian yang tegang. Pertama-tama rentangkan kedua tangan ke atas sambil menarik napas panjang 5-10 detik. 

Untuk meregangkan kaki, berbaringlah di tempat yang nyaman lalu silangkan kaki kanan di atas kaki kiri dan lakukan sebaliknya. Lakukan dalam hitungan napas 5-10 detik. Kamu juga melakukan gerakan menekuk lutut hingga ke depan dada. Peluk kedua kaki selama 10 detik dan lepaskan. Stretching ini berguna untuk melemaskan otot-otot punggung, leher, serta kaki yang tegang selama bekerja. 

Merasa perlu untuk meningkatkan stamina? Kamu harus selalu sedia Sutra Perkasa yang merupakan suplemen kapsul herbal untuk membantu memelihara stamina pria dewasa. Sutra Perkasa aman dikonsumsi karena mengandung bahan alami dari ekstrak tongkat ali, ginseng, dan epimedium. Konsumsi dua kapsul setelah makan maka tubuhmu akan terasa segar dan fit saat beraktivitas, termasuk siap ‘olahraga ranjang’. Buktikan sendiri!

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter