Ini Cara Hidrasi Tepat untuk Jaga Tubuh Tetap Sehat

Jangan sampai tubuh lemas karena kekurangan cairan!

Tanpa disadari aktivitas sehari-hari yang kita lakukan mengakibatkan tubuh kehilangan banyak cairan, alias dehidrasi. Tubuh yang dehidrasi akan membuat kulit kering, tubuh cepat lelah, hingga perubahan warna pada urine. Penting bagi kamu menerapkan hidrasi tepat agar tubuh sehat.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat. Saking sederhananya, nih, kamu nggak perlu mengeluarkan banyak biaya! Cek cara hidrasi tepat untuk jaga tubuh tetap sehat di sini.

  1. Perbanyak minum air putih

Hal utama yang dilakukan  untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik adalah minum air putih. Idealnya kamu wajib mengonsumsi 8 gelas air  per hari. Sekitar 70% tubuh manusia terdiri atas air sehingga air menjadi komponen penting. Tubuh akan kehilangan cairan dengan cepat ketika kamu bergerak sehingga kebutuhan cairan berbanding lurus dengan aktivitas yang dilakukan seseorang.

Untuk menggantikan kehilangan cairan sebaiknya mengonsumsi air putih. Air putih dianggap lebih sehat karena tidak mengandung bahan berbahaya, kalori, maupun pemanis buatan. Mengonsumsi air putih juga tidak mengeluarkan banyak biaya, kan? Agar selalu ingat untuk minum air putih, kamu bisa memasukkan reminder di handphone atau membawa botol air minum ketika bepergian. Jangan lupa segera minum air putih setelah berolahraga untuk menggantikan cairan dari tubuh yang hilang lewat keringat dan urine.

  1. Makan buah dan sayur

Langkah kedua hidrasi tepat untuk tubuh yaitu perbanyak konsumsi buah dan sayur. Yap, buah dan sayur dapat menjadi snack sehat dengan berbagai nutrisi penting yang diperlukan tubuh. Ada vitamin hingga serat yang siap mengoptimalkan proses pencernaan maupun organ tubuh lainnya. 

Apa saja pilihan buah dan sayur yang membuat tubuh terhidrasi? Kamu bisa memilih buah semangka, melon, jeruk, dan anggur yang mengandung banyak cairan. Sementara untuk pilihan sayurannya yaitu wortel, bayam, dan selada. Kamu bisa mengolah aneka buah dan sayur tadi dengan berbagai resep mudah smoothie yang tersebar di internet. Sstt, membuat sendiri lebih baik karena kamu tahu berapa banyak gula yang dimasukkan ke dalamnya!

  1. Istirahat cukup

Seperti yang kita tahu kurang tidur dapat membuat tubuh lemas dan memicu dehidrasi. Istirahat kurang dari 7-9 jam sehari bakal mengganggu pelepasan hormon yang menjadi kunci hidrasi pada tubuh. Sering bergadang membuat tubuh kamu bekerja secara berlebihan sehingga semakin banyak cairan yang hilang. Ciri-ciri kurang tidur: sering sakit kepala, gampang lelah, dan mudah marah. 

Agar kamu dapat tidur nyenyak, cobalah minum segelas air putih sebelum naik ke ranjang. Dengan begitu kamu punya ‘bekal’ cairan selama beristirahat. Istirahat cukup juga membantu kamu untuk fokus menjalani hari plus tidak mudah mengantuk.

Cara lain menjaga stamina terjaga adalah rutin mengonsumsi Sutra Perkasa. Suplemen herbal bebas bahan kimia dalam bentuk kapsul ini membantu menjaga stamina pria dewasa. Kombinasi kandungan pasak bumi (Eurycoma Radix), ginseng, juga horny goat weed (Epimedium) akan meningkatkan hormon testosteron, memperbaiki kualitas dan kuantitas sperma, serta membuat tubuh lebih segar dan fit karena melancarkan aliran darah. Tubuh sehat bikin kamu siap beraktivitas terus!

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter