Pahami Kebutuhan Kalori Untuk Pria Berdasarkan Usia

Kebutuhan kalori untuk pria berbeda pada masing-masing tingkatan usia, dan Anda perlu memahami perbedaan kebutuhan jumlah kalori ini. Dengan memahami kebutuhan kalori harian, kita bisa mengatur pola makan dan pola kegiatan sehingga tubuh bisa tetap bugar dan berat badan juga terjaga.

Kebutuhan kalori berbeda pada setiap orang, tergantung jenis kelamin, usia, dan aktivitas hariannya. Kebutuhan kalori untuk pria dewasa usia 19 tahun hingga 30 tahun misalnya, menurut Dietary Guidelines for Americans 2010 berkisar antara 2.400-3.000 kalori per hari, tergantung aktivitas harian Anda.

Kalau Anda adalah pria berusia 19-30 tahun yang tidak banyak beraktivitas maka kalori harian yang dibutuhkan hanya berkisar antara 2.400-2.600 kalori saja. Kategori tidak banyak beraktivitas ini didefinisikan sebagai seseorang yang hanya berkegiatan ringan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara bila kegiatan Anda termasuk kategori sedang, maka jumlah kalori yang dibutuhkan setiap hari meningkat antara 2.600-2.800 kalori per hari. Anda masuk kategori sedang bila melakukan aktivitas seperti jalan kaki sejauh 2,5-5 kilometer per hari dengan kecepatan 5-6 kilometer per jam di luar aktivitas ringan sehari-hari.

Bagi mereka yang aktif, maka kebutuhan kalori hariannya sebesar 3.000 kalori. Anda masuk kategori aktif bila setiap hari Anda melakukan aktivitas fisik setara dengan berjalan kaki lebih dari lima kilometer setiap hari di luar aktivitas ringan sehari-hari.

Kebutuhan kalori ini akan menurun begitu Anda menginjak usia 31 tahun. Kebutuhan kalori untuk pria berusia 31-50 tahun berkisar antara 2.200-3.000 kalori per hari. Bila Anda termasuk orang dengan aktivitas sedang, maka kebutuhan kalori yang dibutuhkan sebesar 2.400-2.600 kalori per hari. Begitu seorang pria menginjak usia 51 tahun, kebutuhan kalori ini akan menurun lagi menjadi 2.000-2.800 kalori per hari.

Mengapa hal ini terjadi? Pertama, massa otot berkurang seiring usia. Sel otot membutuhkan kalori untuk menggerakkan tubuh Anda. Jadi, bila massa otot Anda berkurang seiring bertambahnya usia, maka berkurang juga sel otot yang membutuhkan kalori. Dengan sendirinya kebutuhan kalori juga akan menurun.

Kedua, bertambahnya usia menyebabkan metabolisme tubuh menurun. Metabolisme adalah kemampuan tubuh memecah nutrisi dan mengubahnya menjadi energi atau menyimpannya menjadi lemak ketika nutrisi berlebih. Metabolisme sangat berhubungan dengan massa otot. Ketika massa otot berkurang seiring usia, maka dengan sendirinya metabolisme tubuh juga menurun. Kondisi ini membuat kebutuhan kalori Anda juga berkurang.

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan kalori harian agar tubuh bugar. Namun, bukan itu saja yang diperlukan untuk menjadi sehat. Anda juga perlu tetap aktif dengan berolahraga cukup dan mengimbanginya dengan asupan cairan dan istirahat cukup.

Kebutuhan kalori untuk pria juga dapat dilengkapi dengan Sutra Perkasa. Suplemen herbal ini dapat membantu memelihara stamina Anda tetap prima. Sutra Perkasa mengandung ekstrak terbaik dari Tongkat Ali, Ginseng, dan Epimedian.

SHARE THIS : 

Share on facebook
Share on google
Share on twitter